SAATNYA SEIMBANGKAN KOLESTEROL DENGAN RESEP LEZAT INI

Gulai, opor, rendang, plus makanan dan minuman manis yang disantap saat Lebaran sangat berpotensi meningkatkan kadar kolesterol jahat Anda. Memang, sesekali dalam setahun tak masalah menyantap makanan lezat tersebut. Apalagi saat momen Lebaran dan bersantap bersama keluarga besar.

Tetapi makan enak seperti tadi tentu tak boleh jadi kebiasaan. Pembuluh darah Anda bisa protes karena kolesterol jahat tersebut akan memperbesar risiko penimbunan lemak darah. Membuat pembuluh darah jadi menyempit. Dan Anda pun berisiko terkena serangan jantung, stroke, atau diabetes.

Namun bukan berarti juga Anda tak boleh makan enak. Bila Anda jeli, banyak makanan enak yang bisa Anda buat dari bahan-bahan yang sehat. Salah satu bahan makanan yang bisa membantu mengontrol kolesterol adalah makanan yang mengandung omega 3, 6, dan 9 seperti bayam, tuna, salmon, alpukat, telur, kedelai, kembang kol, dan masih banyak lagi.

Bahan makanan kaya omega tadi bisa diolah menjadi makanan yang tak kalah lezat. Berikut resep untuk mengolahnya menjadi makanan lezat dan sehat:

Smoked Salmon Sushi Roll

Dari menu ini Anda akan mendapatkan asam lemak omega 3, kandungan paling berguna dari ikan salmon. Salmon juga kaya asam eikosapentatonik (EPA) dan asam dokosaheksanoik (DHA). World Health Organization (WHO) menyarankan untuk mengonsumsi bahan makanan yang mengandung asam lemak omega 3, EPA, dan DHA, sedikitnya dua porsi seminggu.

Bahan:

370 g beras Jepang untuk membuat sushi

6 sdm cuka beras (rice wine vinegar)

6 lembar nori (rumput laut kering)

1 alpukat, kerok dagingnya lalu potong-potong

1 timun, kupas, potong-potong

230 g smoked salmon, potong memanjang

2 sdm pasta wasabi

Cara Membuat:

  • Rendam beras selama 4 jam. Tiriskan lalu masak menggunakan rice cooker dengan air secukupnya. Nasi harus sedikit kering ketika cuka beras dimasukkan.
  • Setelah nasi masak, campurkan cuka beras ke nasi panas. Taruh nasi di tempat yang lebar hingga benar-benar dingin.
  • Letakkan 1 lembar nori pada alas bambu (khusus untuk membuat sushi), tambahkan nasi dingin dan tekan hingga membentuk lapisan tipis pada nori. Sisakan sekitar 1 cm di ujung atas dan bawah nori agar tidak terlapisi nasi. Supaya Anda mudah menutupnya.
  • Tambahkan sedikit wasabi pada nasi. Atur timun, alpukat, dan smoked salmon di atas lapisan nasi. Posisi bahan-bahan tersebut sekitar 2,5 cm jauhnya dari ujung-ujung nori.
  • Perlahan, basahi ujung atas nori. Gulingkan dari ujung bawah ke atas dengan bantuan alas bambu.
  • Potong sushi menjadi 8 potongan sama besar dan sajikan. Ulangi hingga bahan habis.

 

Perkedel Sayur Saus Alpukat Yogurt

Alpukat mengandung asam lemak omega 3 dan 9, juga vitamin C, E, karotenoid, selenium dan seng. Kandungannya ini membuat alpukat memiliki manfaat anti-peradangan.

Bahan:

175 g brokoli, cuci bersih, potong bentuk korek api

175 g wortel, kupas, potong bentuk korek api

175 g zukini, potong bentuk korek api

64 g tepung terigu (bisa diganti tepung whole wheat)

35 g keju parmesan

1/2 sdt garam

1/8 sdt bubuk lada hitam

1 sdt bubuk kunyit

1/4 sdt bubuk bawang putih

1/8 sdt bubuk cabe

3 sdm irisan tipis daun bawang

1 butir telur, kocok

Saus Alpukat Yogurt:

120 ml greek yogurt plain

1/2 buah alpukat masak

1 sdt daun dill cincang

1 sdt lokio cincang

Cara Membuat:

  • Rebus air hingga mendidih. Rebus brokoli, wortel, dan zukini sekitar 4 menit. Tiriskan.
  • Keringkan sayuran dengan tisu dapur. Potong kasar agar mudah menyatu ketika dibentuk. Letakkan campuran sayuran dan tepung dalam mangkuk besar. Aduk hingga seluruh sayuran terlumuri tepung.
  • Masukkan keju, garam, lada, kunyit, bawang putih, bubuk cabe, dan daun bawang dalam adonan sayuran. Masukkan kocokan telur hingga adonan sayur rata.
  • Panaskan wajan datar anti-lengket dengan api sedang. Masukkan minyak goreng, jangan terlalu banyak asal seluruh wajah terlapisi lemak.
  • Bentuk adonan menjadi bulatan dengan tangan.
  • Masukkan adonan ke dalam wajan, tekan sedikit dengan spatula hingga agak gepeng. Masak 3-4 perkedel sekaligus. Goreng masing-masing sisi selama sekitar 4 menit atau hingga berwarna kecokelatan.
  • Pindahkan ke piring yang sudah dialasi tisu dapur agar menyerap minyak berlebih. Ulangi hingga adonan habis.

Saus Alpukat Yogurt:

Dalam blender, campurkan alpukat, yogurt, dill, dan lokio. Blender. Sajikan bersama perkedel sayur.

 

Fritata Bayam

Selain tinggi kandungan zat besi, bayam juga mengandung asam lemak omega 3. Selain itu bayam juga mengandung vitamin K, C, E, dan A. Serta beberapa vitamin B kompleks seperti vitamin B6, riboflavin, thiamin, dan niacin.

Bahan:

4 butir telur

120 ml susu cair low-fat

1/2 sdt garam

1/4 sdt bubuk lada hitam

90 g parutan keju swiss

200 g tomat, potong-potong

2 sdm salted butter

1 bawang bombay, iris halus

900 g bayam

Cara Membuat:

  • Panaskan oven.
  • Dalam mangkuk besar, kocok telur bersama dengan susu, garam, dan lada hingga tercampur rata. Masukkan keju dan tomat. Sisihkan.
  • Dalam wajan anti-lengket diameter 22 cm, lelehkan mentega dengan api sedang. Tambahkan bawang bombay, lalu tumis hingga lunak, sekitar 5 menit. Masukkan bayam dan masak hingga bayam layu, sekitar 2 menit. Tuangkan campuran telur ke atas bayam. Masak hingga matang, sekitar 2 hingga 4 menit.
  • Masukkan wajan ke dalam oven dan panggang dengan suhu 200 derajat celcius hingga bagian atasnya cokelat keemasan, 5-7 menit. Angkat dari dalam oven, lalu letakkan pada piring saji.

Demikian beberapa resep yang bisa Anda coba. Selain mengonsumsi makanan kaya omega 3, 6, dan 9, sempatkan pula untuk berolahraga atau perbanyak melakukan aktivitas fisik. Nutrisi dan aktivitas fisik yang seimbang dapat mencegah penimbunan lemak darah.

Omega 3, 6, dan 9 membantu tubuh dalam mengatur lemak tubuh. Antara lain dengan meningkatkan kolesterol baik (HDL), mencegah terbentuknya plak pada pembuluh darah, mengurangi penumpukan lemak di bawah kulit dan yang tersimpan di hati.

Bila perlu, Anda bisa mengonsumsi suplemen yang mengandung omega 3, 6, 9, seperti Omepros. Selain mengandung omega 3, 6, 9, Omepros juga mengandung vitamin E dari blackcurrant seed oil, serta EPA, DHA dan salmon oil. Semua kandungan tersebut membantu mengurangi risiko terjadinya penimbunan lemak darah.

Omepros, balancing your life!

Continue Reading

Sumber Omega 3 Alami, Salmon Jadi Makanan Favorit yang Tepat
Tak salah jika salmon menjadi makanan favorit. Bukan hanya lezat, salmon sebagai sumber Omega 3 alami ternyata memiliki banyak manfaat.
Selengkapnya
Hobi Sepak Bola, Tubuh Perlu Asupan Nutrisi Ini
Selengkapnya
SAATNYA SEIMBANGKAN KOLESTEROL DENGAN RESEP LEZAT INI
Selengkapnya
Zat Besi, Nutrisi Penting Setelah Donor Darah
Selengkapnya