RESEP ES LOLI BLACKCURRANT UNTUK BUKA PUASA

Menyiapkan tajil atau camilan untuk berbuka puasa kadang merepotkan. Apalagi harus membuat yang bisa memenuhi selera seluruh anggota keluarga, termasuk si kecil. Biasanya, tajil berupa kolak kurang diminati oleh anak-anak, karena bersantan dan rasanya manis. Menyediakan aneka gorengan juga terasa kurang sehat.

Agar tidak repot dan bisa menyenangkan seluruh anggota keluarga, buatlah camilan seperti es loli. Membuatnya mudah, cepat, dan bisa disimpan di kulkas untuk waktu yang lama. Anda bisa membuat banyak sekaligus. Sehingga kapanpun (tentu saja setelah berbuka) bisa dinikmati.

Agar es loli buatan Anda memiliki nilai tambah, gunakan bahan-bahan yang sehat,seperti blackcurrant. Anda bisa memvariasikannya dengan buah-buahan lain. Inilah resep es loli blackcurrant yang bisa Anda coba. Hanya butuh lima menit untuk membuatnya!

Resep Es Loli Blackcurrant
Bahan:
300 g buah blackcurrant segar atau beku
2 sdt gula halus
200 ml jus apel atau pir

Cara membuat:

  • Letakkan blackcurrant dan gula dalam panci kecil. Panaskan di atas api kecil hingga gula larut dan blackcurrant melunak.
  • Saring blackcurrant hingga mendapat cairannya. Sisihkan ampasnya.
  • Tuangkan air blackcurrant ke dalam masing-masing cetakan es loli hingga setengahnya. Diamkan dalam freezer hingga setengah beku atau sekitar satu jam.
  • Setelah agak beku, tuangkan jus apel atau pir di atas larutan blackcurrant dengan hati-hati hingga penuh. Kembali masukkan lagi es loli ke freezer hingga benar-benar beku atau sekitar satu jam.

Nama blackcurrant mungkin masih asing di telinga Anda. Sering disebut dengan anggur hitam karena bentuknya bulat seperti anggur, namun berukuran lebih kecil. Anda bisa menemukan buah ini di toko buah yang menjual buah impor. Beberapa hypermarket juga telah menjual buah ini.

Si Super
Blackcurrant sering disebut-sebut sebagai superfruit, karena kaya berbagai vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh. Tak heran buah yang berasal dari Eropa ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.
Salah satu manfaat yang penting dari blackcurrant, terutama untuk orang yang sedang puasa, adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Ini karena blackcurrant mengandung vitamin C yang sangat tinggi, bahkan hingga 302% nilai asupan harian per 100 gram.

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa vitamin C dapat mendorong sistem kekebalan tubuh dalam berbagai cara. Salah satunya dengan meningkatkan fungsi sel darah putih. Ekstra vitamin C juga mampu membuat tubuh makin tangguh dalam melawan penyakit. Tentu Anda tak mau jatuh sakit sehingga harus batal puasa, ‘kan?

Sehatkan Jantung
Satu lagi manfaat blackcurrant yang tak kalah penting adalah menjaga kesehatan kardiovaskular. Flavonoid, itulah kandungan dalam blackcurrant yang mampu meningkatkan kesehatan jantung. Flavonoid juga mampu mengurangi kekentalan darah. Ini artinya, semakin kecil risiko terbentuknya plak yang menempel pada pembuluh darah.

Lebih lanjut, sebuah studi yang dilakukan para peneliti Finlandia membuktikan bahwa peredaran darah pada tangan menjadi lebih lancar setelah mengonsumsi blackcurrant yang mengandung antosianin.

Antonsianin adalah zat pigmen pada tumbuhan yang memberikan warna merah, biru, dan ungu. Antosianin merupakan salah satu antioksidan. The American Journal of Clinical Nutrition tahun 2012 menyebutkan bahwa pengonsumsian bahan makanan tinggi antosianin dan flavonoid berhubungan langsung dengan menurunnya risiko kekakuan dan penebalan pembuluh darah.

Karena itulah, para ahli menyarankan sebaiknya mengonsumsi makanan yang mengandung flavonoid dan antosianin 1-2 porsi setiap hari untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan pembuluh darah. Nah, tak salah kan, menyediakan es loli blackcurrant untuk buka puasa? Bukan hanya rasanya yang akan disenangi anak-anak, manfaatnya juga banyak bagi Anda. 

Bila perlu, Anda bisa mengonsumsi suplemen yang mengandung blackcurrant, seperti Omepros. Selain mengandung vitamin E dari blackcurrant seed oil, Omepros juga memiliki kandungan omega 3, 6, 9, serta EPA, DHA dan salmon oil. Semua kandungan tersebut membantu mengurangi risiko terjadinya penimbunan lemak darah. Siapa tahu pola makan Anda agak berantakan selama berpuasa.

Omepros, balancing your life!

Continue Reading

Olahraga Sambil Bersosialisasi: Cara Seru Jaga Kebugaran
Selengkapnya
INGIN JAMUAN SEHAT? YUK, COBA CARA MASAK RENDAH KOLESTEROL SAAT SILATURAHMI
Selengkapnya
Olah Salmon dengan Tepat, Dapatkan Kelezatan dan Manfaatnya
Salmon dikenal kaya akan protein, vitamin B, potasium, dan nutrisi lainnya. Cermat mengolah salmon dengan tepat, kamu bisa peroleh semua manfaatnya.
Selengkapnya
RESEP ES LOLI BLACKCURRANT UNTUK BUKA PUASA
Selengkapnya