Olahraga yang Bikin Eksis

Generasi milenial tercatat sebagai generasi yang cenderung cepat mengikuti tren terbaru. Termasuk juga tren dalam berolahraga.

Generasi Milenial dikenal memiliki gairah untuk bugar dan hidup sehat. Menurut sebuah artikel yang ditulis oleh Matt Powell, seorang ahli olahraga ritel dan penasihat di NPD Group (sebuah perusahaan riset pasar global) di Amerika Serikat, mengatakan tingginya minat generasi milenial pada olahraga terbagi tiga yaitu olahraga dalam ruangan, atletik, dan olahraga di luar ruangan.

Sebuah survei dari 2014 mengungkapkan bahwa, 81 persen dari olahraga yang dilakoni kaum milenial berorientasi pada tujuan untuk mengikuti tren. Menambahkan survei ini, sebuah artikel dari New York Post yang dikutip dari Michelle Ryan, Chief Marketing Officer New York Sports Clubs, mengatakan bahwa generasi milenial cenderung berolahraga dalam kelompok untuk menunjukkan keberadaan mereka merupakan bagian dari lingkungan sekitar. Tidak terkecuali di Indonesia, tren olahraga berkelompok terus meningkat seiring dengan bermunculannya olahraga yang hits saat ini seperti:

1. Zumba

Zumba adalah program latihan kebugaran yang dibuat oleh penari dan koreografer Belanda Alberto Beto Perez di awal tahun 1990-an. Zumba melibatkan tari dan aerobik yang dilakukan dengan musik yang energik. Bagi Anda yang suka musik salsa atau hip hop serta hobi menari, Zumba bisa menjadi pilihan yang tepat.

Liza Natalia’s Arena (Junko N Crew’s Studio)
Alamat: La Codefin Mall, 3rd Floor. Jalan Kemang Raya No. 8, Jakarta Selatan 12720
Telp: 021-718 3787

SANA Studio
Alamat: Jalan Panglima Polim V No. 38, Jakarta Selatan
Telp: 021-37777821

2. Muay Thai

Dikenal juga dengan sebutan tinju Thailand yang merupakan seni bela diri dari Kerajaan Thai. Muay Thai mirip dengan seni bela diri lain dari Indocina, seperti Pradal Serey dari Kamboja, Tomoi dari Malaysia, Lethwei dari daerah Myanmar dan Muay Lao dari Laos.

Muay Thai kini menjadi olahraga nasional Kerajaan Thailand. Berasal dari turunan bela diri kuno Muay Boran, sekilas Muay Thai memiliki teknik dan gaya bertarung yang mirip dengan kick boxing. Bukan sekadar mengandalkan kekuatan tangan untuk meninju, Muay Thai juga dilengkapi dengan gerakan kaki menendang. Menggunakan perisai di kedua tangan, olahraga ini sangat bagus untuk membakar kalori, karena 700-1200 kalori dapat terbakar jika melakukan olahraga Muay Thai selama 1 jam.

Kiody Camp
Jalan Bumi Sari No 48, Tebet, Jakarta Selatan.

Dynamite Training Center
Ruko C, Lantai 3, The Broadway Kemang, Jalan Benda No 46, Jakarta Selatan

3. Body Combat

Body combat adalah salah satu dari kelas kebugaran yang dibuat dan didistribusikan oleh Les Mills International yang menggabungkan seni bela diri dari seluruh dunia. Body combat terinspirasi dari ilmu bela diri seperti taijiquan, muay thai, taekwondo, kungfu dan karate. Biarpun mengusung nama besar ilmu bela diri namun peserta kelas Body Combat tidak diharuskan memiliki stamina ataupun ketahanan otot bak atlet dan tidak memiliki gerakan kontak fisik seperti bela diri umumnya, karena body combat adalah kelas dimana peserta mengatur sendiri intensitas gerakan sehingga keamanan serta keberhasilan semua tergantung kepada peserta.

Melakukan Body Combat diiringi dengan musik beritme cepat sangat efektif bagi Anda yang ingin melakukan olahraga kardio. Selain gerakan tangan & kaki yang intens, body combat juga bagus untuk olahraga jantung karena gerakan-gerakannya melatih sistem aerobik dan anaerobik tubuh, sehingga dapat meningkatkan kerja jantung dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Fitness First
Di seluruh studio di Jakarta

Gold's Gym
Di seluruh studio di Jakarta

4. Pilates

Pilates adalah metode olahraga yang dikembangkan oleh Joseph Hubert Pilates yang berasal dari Jerman pada awal abad ke-20. Metode ini difokuskan untuk kelenturan serta fleksibilitas seluruh bagian tubuh. Olahraga ini dapat memperbaiki postur tubuh yang kurang sempurna dan juga dapat memperbaiki masalah-masalah yang berhubungan dengan kelainan tulang belakang.

Body Connections Pilates
Jl. Kelapa Sawit Raya blok II No.12 AB, Kelapa Gading, Jakarta Utara
Telp: 021-29382618-20

Pilates @Kemang
The Colony 5th Floor Jl. Kemang Raya no 6, Jakarta Selatan

5. Acroyoga

Acroyoga yang merupakan cabang dari olahraga yoga kini sedang digandrungi. Bedanya dengan yoga adalah Acroyoga memadukan gerakan-gerakan dasar yoga dengan akrobatik. Selain perbedaan gerakan, acroyoga harus dilakukan dengan pasangan, beda halnya dengan yoga yang bisa dilakukan secara indiviual.

Bukan sekadar aspek kekuatan yang dilatih, Acroyoga juga melatih keseimbangan serta konsentrasi saat harus melakukan gerakan secara berpasangan. Masih dalam olahraga ini, ada elemen pijat yang dapat membantu meredakan stres.

Do Yoga
Enkadeli Square  Jl.Sunda no.7 – 3rd floor, Menteng – Jakarta

Union Yoga
Jl. Wijaya II No 73, Melawai, Jakarta Selatan

Sudah tahu mau mencoba olahraga yang mana? Setelah memilih olahraga yang kamu sukai, pastikan kamu tetap memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh dengan mengonsumsi asupan yang bergizi. Selain itu, Anda bisa maksimalkan nutrisi dengan mengonsumsi suplemen makanan seperti Omepros yang bisa mengurangi risiko penimbunan lemak darah karena mengandung Omega 3, 6, 9. Selain itu juga mengandung EPA, DHA, dan Vitamin E dari blackcurrant seed dan salmon oil. Omepros, balancing your life!

Continue Reading

Olahraga yang Bikin Eksis
Selengkapnya
Manfaat Sehat dan Hemat Gunakan Transportasi Umum saat Traveling ke Luar Negeri
Traveling ke luar negeri menggunakan transportasi umum bermanfaat ganda. Pertama, hemat di budget. Kedua, bermanfaat untuk kesehatanmu.
Selengkapnya
Pelari, Waspadai Beberapa Nyeri Pada Persendian
Selengkapnya
Mengapa Jerman Menang di Piala Dunia 2014?
Selengkapnya