Olahraga Sambil Bersosialisasi: Cara Seru Jaga Kebugaran

Tahukah Anda kalau olahraga bukan hanya perkara untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar? Ya, sebetulnya dengan olahraga, Anda juga bisa menyalurkan hobi dan bersosialisasi dengan teman lama atau orang baru. Misalnya saja olahraga berkelompok seperti basket atau sepak bola.

Menurut WHO, basket dan sepak bola sendiri tergolong olahraga yang memerlukan banyak energi, atau termasuk aktivitas vigorous. Seseorang dengan berat badan 68 kg akan membakar sekitar 204 kalori ketika bermain basket selama 30 menit.

Lantas, apakah olahraga moderate dan vigorous harus selalu dianggap menyiksa karena tingkat energi yang dibutuhkan lebih besar? Tidak. Karena di olahraga ini, Anda bisa tetap berkomunikasi dengan kawan atau lawan main.

Misalnya saja, di sela-sela pertandingan di lapangan, Anda bisa menghampiri rekan setim untuk membahas soal taktik yang akan diterapkan dalam permainan. Dengan cara ini, tentu saja tingkat kemampuan Anda bersosialisasi dan beradaptasi dalam tim sangat dibutuhkan. Anda juga bisa berkenalan dengan pemain dari tim lawan dan mempelajari gerakannya selama permainan.

Sementara para peneliti dari London School of Economics (LSE) menemukan bahwa olahraga berkelompok tidak hanya memberikan manfaat kesehatan bagi para pemainnya. Tapi juga memperoleh kebahagiaan dalam jangka panjang.

Salah satu penulis makalah penelitian itu, Dr Chia-Huei Wu, Asisten Profesor Manajemen di LSE, mengatakan ketika seseorang ikut berkompetisi dan menang dalam olahraga berkelompok, tingkat kebahagiaannya semakin tinggi. Sebab mereka merasa itu merupakan hasil dari kerja keras tim, terutama jika dia memiliki andil besar dalam kemenangan itu. Bergabung dengan tim juga dapat menciptakan perasaan solidaritas dan saling memiliki sesama rekan.

Olahraga berkelompok juga dianggap bisa membantu seseorang melepaskan stres dari rutinitas harian. Meskipun pada dasarnya semua olahraga dapat menjadi penghilang stres, olahraga tim berlipat dua efektif karena adanya manfaat sosial yang meningkatkan suasana hati Anda saat berada di sekitar rekan tim.

Selain itu, olahraga berkelompok selalu memberikan sesuatu yang baru dan menantang untuk Anda hadapi. Terutama ketika Anda melihat teman atau lawan main memiliki trik terbaru, yang tentu menantang diri Anda untuk mempelajari dan menguasainya.

Sebelum berolahraga, ada hal penting yang harus diperhatikan, selain pemanasan agar tidak terjadi kejang otot, tentu saja dibutuhkan asupan makanan untuk memberikan energi pada tubuh. Ini bisa menjadi "bensin" untuk tubuh sebelum berolahraga.

Sebelum dan selama olahraga, minum cukup air sangat dianjurkan untuk menghidrasi tubuh agar tidak kurang cairan. Ada baiknya juga bila Anda konsumsi makanan karbohidrat sehat, seperti sereal gandum dengan susu rendah lemak atau skim, roti gandum utuh, yogurt rendah lemak atau bebas lemak, pasta gandum utuh, beras merah, buah-buahan dan sayuran. Serta hindari makanan mengandung lemak jenuh karena jenis makanan ini dicerna lebih lambat di perut.

Selain itu, Anda perlu asupan suplemen untuk memberikan tambahan energi. Atau bagi Anda yang berolahraga untuk tujuan menurunkan kolesterol tinggi, juga bisa menambah suplemen makanan penurun kolesterol yang memiliki kandungan dari perpaduan asam lemak esensial yang bersumber dari minyak ikan salmon dan minyak nabati, seperti Omepros.

Kedua minyak tersebut sangat penting untuk proses fisiologis tubuh agar semua jaringan tubuh berfungsi normal. Misalnya saja minyak ikan salmon yang memiliki kandungan Omega 3 dan dapat mencegah terbentuknya senyawa penyebab pengerasan dan penebalan pembuluh darah arteri. Omega 3 juga dapat membantu mencegah risiko akibat radikal bebas yang dapat menimbulkan kerusakan pada sel otot jantung. Sedangkan minyak nabati berfungsi sebagai penurun kadar kolesterol dalam darah, mencegah hipertensi, serta mencegah resiko terjadinya serangan jantung.

Dengan olahraga, tubuh sehat, sosialisasi pun terjalin lancar. Yuk, jalani hidup dengan lebih seimbang dengan melakukan kegiatan fisik yang bisa berkontribusi terhadap kebugaran tubuh dan menyeimbangkan asupan nutrisi baik.

Omepros, balancing your life!

Continue Reading

Manfaat Sehat dan Hemat Gunakan Transportasi Umum saat Traveling ke Luar Negeri
Traveling ke luar negeri menggunakan transportasi umum bermanfaat ganda. Pertama, hemat di budget. Kedua, bermanfaat untuk kesehatanmu.
Selengkapnya
Apa Nutrisi yang Tepat untuk si Vegetarian?
Selengkapnya
Ini Alasannya, Konsumsi Omega 3 dan Omega 6 Harus Seimbang
Omega 3 dan omega 6 berperan penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Berikut alasan mengapa keduanya harus dikonsumsi secara seimbang.
Selengkapnya
Hobi Sepak Bola, Tubuh Perlu Asupan Nutrisi Ini
Selengkapnya