Olah Salmon dengan Tepat, Dapatkan Kelezatan dan Manfaatnya

Bila Anda ingin menghidangkan makanan lezat namun tak ingin kesehatan terganggu, salmon adalah pilihan bahan yang tepat. Ikan laut ini bisa Anda olah menjadi berbagai variasi hidangan, sehingga Anda tak akan pernah bosan menyantapnya.

Salmon juga kaya akan lemak, sehingga dagingnya tak mudah kering ketika diolah. Lemak ini juga membuat daging salmon semakin juicy jika Anda mengolahnya dengan benar.

Lemak? Jangan takut. Lemak dalam salmon adalah lemak sehat, karena mengandung asam lemak omega 3 EPA dan DHA. Berbeda dengan lemak hewani lain, asam lemak rantai panjang ini justru mampu melindungi jantung Anda dari penyakit dengan mengurangi inflamasi pada pembuluh darah.

Masih banyak lagi kandungan nutrisi salmon, seperti protein, berbagai vitamin B, potasium, selenium, dan antioksidan astaxanthin. Namun semua kandungan bergizi tersebut akan sempurna bila Anda mampu memilih salmon yang baik, yaitu yang segar, dan bisa mengolahnya dengan benar.

Memilih Salmon

Yang harus Anda perhatikan paling pertama saat membeli salmon adalah aromanya. Begitu ikan beraroma menyengat, langsung lewati saja. Selain itu perhatikan hal-hal ini ketika memilih salmon:

  • Daging salmon segar akan berwarna cerah dan terasa lembap ketika disentuh. Bagian-bagian pinggirnya tidak berubah warna. Hindari bila terdapat bercak kecokelatan pada daging ikan salmon.
  • Bila Anda membeli ikan salmon utuh, matanya harus bersih dan jernih. Kulitnya berwarna perak, mengilat, elastis ketika disentuh.
  • Pilih daging salmon yang kencang dan memiliki paling sedikit lebam. Ketika ditekan dengan ringan seperti ada tahanan, dan bisa kembali ke bentuk semula dengan mudah saat daging Anda tekan sedikit kuat.
  • Bila salmon segar sulit didapat, Anda bisa membeli salmon yang sudah dibekukan. Tetapi perhatikan kemasannya. Salmon seharusnya dikemas dengan rapat dan tidak ada butir-butir atau gumpalan kristal es pada permukaan salmon. Kristal es menandakan makanan terkena udara sehingga molekul air menguap. Keadaan ini bisa menyebabkan daging salmon menjadi kering dan tidak lezat lagi ketika diolah.

Cara Memasak yang Benar

Pengolahan salmon sama pentingnya dengan memilih salmon itu sendiri. Proses pemasakan yang salah bisa mengurangi kelezatan daging salmon. Belum lagi bila kandungan nutrisinya menurun karena kesalahan dalam memasak.

Sebaliknya, pengolahan yang tepat bisa mengeluarkan segala kelezatan yang tersimpan dalam daging salmon. Anda pun dapat menikmati segala manfaat yang terkandung dalam salmon. Ada beberapa cara memasak salmon. Perhatikan trik-nya agar mendapat hasil yang sempurna.

  • Teknik Pan-fry
    Memasak salmon dengan cara menggoreng cepat dalam suhu tinggi dan sedikit minyak atau pan-frymerupakan cara paling mudah, cepat, dan dapat membuat kulit salmon terasa crispy. Tentu saja jika Anda melakukannya dengan benar.
    Pertama siapkan adalah wajan datar yang pas, sebaiknya pilih wajan yang terbuat dari stainless steelatau baja. Tunggu wajan panas, masukkan sedikit minyak, tunggu beberapa saat hingga minyak panas. Masukkan salmon dengan bagian kulit di bagian bawah. Diamkan sekitar 5 menit, balik dan diamkan sekitar 3 menit. Salmon siap dihidangkan dengan perasan lemon jika suka.
  • Panggang dengan Oven
    Cara ini sebenarnya cukup mudah. Bumbui salmon, lalu letakkan ikan dengan bagian kulit di bawah pada pinggan tahan panas atau loyang yang sudah diolesi minyak. Kemudian panggang dalam oven bersuhu 200 C selama sekitar 12 - 15 menit. Sebaiknya panaskan oven sebelum Anda memasukkan salmon. Daging salmon tak perlu dibalik ketika Anda memanggang.
  • Merebus Cepat
    Inilah salah satu cara tersehat memasak salmon karena Anda tak perlu menambahkan minyak. Siapkan air dalam panci secukupnya, beri sejumput garam dan merica, serta daun salam. Rebus air hingga mendidih, lalu masukkan fillet salmon. Tutup panci. Matikan api, biarkan salmon masak dengan perlahan selama sekitar 20 - 25 menit.
  • Membakar
    Aroma asap dari proses pembakaran akan memberi sensasi tersendiri pada hidangan salmon Anda. Praktekkan teknik membakar salmon ini pada acara barbeque bersama teman dan keluarga. Bagian paling penting adalah pastikan arang atau pembakaran sudah benar-benar panas. Setelah itu letakkan salmon yang telah dibumbui dan diolesi minyak ke panggangan. Letakkan bagian kulit di bawah. Diamkan selama 5 menit, kemudian balik ke sisi lain dan panggang hingga tingkat kematangan yang diinginkan.

Meski salmon kaya akan omega 3, sajikan salmon dengan sayuran seperti kale, kacang polong dan chia seed untuk melengkapi kebutuhan nutrisi. Semakin lengkap dengan mengonsumsi suplemen yang mengandung omega 3, 6, 9, seperti Omepros. Selain mengandung omega 3, 6, 9, Omepros juga mengandung vitamin E dari blackcurrant seed, serta EPA, DHA dan salmon oil. Semua kandungan tersebut membantu mengurangi risiko terjadinya penimbunan lemak darah.

Omepros, balancing your life!

 

Continue Reading

Intip 5 Olahraga Seru untuk Dimainkan Bersama Teman Sekaligus Menyehatkan
Sudah tahu 5 olahraga beregu yang seru dimainkan bersama teman? Intip di sini dan dapatkan manfaatnya untuk kesehatan.
Selengkapnya
Mengapa Jerman Menang di Piala Dunia 2014?
Selengkapnya
PMS 101: Minum 3 Teh Ini untuk Pertolongan Pertama Sebelum dan Selama Haid
Nyeri jelang menstruasi? Coba minum 3 teh ini untuk pertolongan pertamamu.
Selengkapnya
RESEP ES LOLI BLACKCURRANT UNTUK BUKA PUASA
Selengkapnya