Nongkrong Sehat Bareng Teman dengan Menu Ini

Nongkrong bersama teman bukan berarti Anda tidak bisa menyantap makanan sehat, lho. Anda tetap bisa memilih menu-menu sehat, namun tetap asyik untuk dinikmati bersama teman-teman.

Secara umum, makanan sehat didefinisikan sebagai makanan yang mengandung nutrisi seimbang. Nutrisi seimbang artinya, makanan mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air. Makanan sehat ini akan menjaga kesehatan Anda dan berenergi.

Beberapa ahli gizi juga mengerucutkan definisi makanan sehat sebagai menu-menu yang tidak banyak mengandung lemak jenuh seperti margarin atau minyak kelapa sawit seperti aneka goreng-gorengan, dan tidak mengandung kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL) yang tinggi seperti jeroan, kikil, atau usus. Sebab, terlalu banyak mengonsumsi lemak jenuh atau kolesterol akan berpotensi menyebabkan penyempitan pembuluh darah yang bisa menjadi pemicu berbagai penyakit kritis.

Berangkat dari ide menghindari makanan yang mengandung LDL tinggi, maka makanan sehat juga identik dengan makanan yang diolah dengan proses yang minimalis seperti memanggang dengan oven, mengukus, merebus, atau menumis, serta menghindari menggoreng dengan teknik deep fry.

Nah, berangkat dari pengertian makanan sehat di atas, kira-kira menu sehat apa saja yang cocok dinikmati ketika nongkrong bersama teman?

1. Sushi dan sashimi

Sushi dan sashimi merupakan pilihan yang tepat karena mengandung ikan laut segar seperti salmon dan tuna. Ikan laut ini merupakan sumber utama omega 3 yang berguna mencegah penyakit jantung, demensia, dan memelihara perkembangan janin. Untuk menikmati sushi dan sashimi bersama teman, Anda bisa mendatangi restoran Jepang terdekat atau take away dan menyantapnya di rumah bersama teman.

2. Poke

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan yang lagi nge-hits ini, bukan? Poke merupakan makanan yang berasal dari Hawaii yang bernama ahi pokeAhi berarti ikan tuna, dan poke berarti dadu. Semangkuk poke biasanya terdiri dari ikan laut segar yang dipadukan dengan sayuran segar dan nasi. Poke sangat pas buat Anda yang ingin nongkrong bersama teman sekaligus mencicipi masakah khas Hawaii ini.

3. Taco

Berbagai restoran menyajikan menu khas Meksiko yang terdiri atas gulungan atau lipatan tortilla yang diisi dengan berbagai topping di dalamnya. Pilihan topping biasanya terbagi tiga yaitu olahan daging panggang, potongan ikan yang ditumis, atau topping untuk vegetarian yang terdiri dari telur sebagai sumber proteinnya. Semakin sehat, topping ini dilengkapi dengan alpukat, lettuce segar, potongan bawang, tomat kering, dan sour cream. Ini merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin nongkrong, namun tidak mau skip jadwal makan makanan sehat.

4. Pressed juice, smoothies, atau buah-buahan segar

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin, Anda bisa memperolehnya dengan meminum pressed juicesmoothies, atau menyantap buah-buahan segar. Menu ini paling cocok dimakan saat nongkrong karena praktis, dapat dibawa ke mana saja, dan cocok juga untuk dibagikan kepada teman-teman nongkrong.

5. Sandwich alpukat dan telur

Jika Anda ingin makan makanan praktis namun sehat bersama teman, tak ada salahnya memilih sandwichatau roti lapis dengan isi alpukat dan telur. Selain cocok sebagai kudapan bagi Anda dan teman-teman, menu ini juga tergolong sehat karena alpukat mengandung omega 3 dan telur mengandung protein. Namun yang perlu Anda ingat ialah, jangan mengonsumsi kuning telur secara berlebihan. Sebab, sebutir telur mengandung 186 miligram kolesterol. Jadi, jika Anda ingin menurunkan atau mengendalikan LDL, maka membatasi konsumsi telur harian adalah diet yang tepat. Anda juga bisa memilih roti gandum penuh yang kaya serat serta rendah gula. Selain bisa dinikmati sendiri, menu ini cocok untuk dibagikan kepada teman-teman Anda.

Ternyata, ada banyak menu sehat yang bisa Anda pilih saat nongkrong bersama teman. Untuk melengkapi nutrisi harian, Anda juga bisa mengonsumsi Omepros, suplemen makanan sehat yang dapat membantu Anda menurunkan koleserol dan mencegah risiko penyakit jantung, karena Omepros mengandung omega 3, omega 6, dan omega 9. Omepros, balancing your life!

Continue Reading

Blackcurrant, Pasukan Elit Cegah Peradangan Tubuh
Di negara-negara Barat dan Eropa, blackcurrant masuk peringkat pertama superfruit. Zaman dahulu, masyarakat Eropa bahkan merebus jus blackcurrant dan gula sebagai obat sirup untuk mengatasi masalah tenggorokan dan menurunkan demam.
Selengkapnya
Olahraga yang Bikin Eksis
Selengkapnya
Mengapa Jerman Menang di Piala Dunia 2014?
Selengkapnya
INGIN JAMUAN SEHAT? YUK, COBA CARA MASAK RENDAH KOLESTEROL SAAT SILATURAHMI
Selengkapnya