Hobi Sepak Bola, Tubuh Perlu Asupan Nutrisi Ini

Piala Dunia 2018 telah digelar, sebulan penuh mulai dari 14 Juni hingga 15 Juli 2018. Bagi Anda penggemar sepak bola, tentunya ini adalah ajang empat tahunan yang dinanti-nanti. Biasanya ajang ini bikin para penggemar bola kembali semangat berlatih di lapangan.

 

Nah, sebelum Anda rutin melakoni olahraga ini di lapangan hijau, perhatikan dulu nutrisi yang diperlukan tubuh agar tetap fit. Sebetulnya, kebutuhan gizi atlet sepak bola, penggemar sepak bola, atau mereka yang bercita-cita menjadi pemain profesional sepak bola tak ubahnya dengan kebutuhan gizi orang kebanyakan. Namun yang jelas, porsi makanan yang dibutuhkan pemain sepak bola lebih banyak dibandingkan orang biasa.

 

Ahli gizi Mulyadi Tedjapranata menyebutkan, jika orang dewasa normal membutuhkan asupan makanan 3.500 kilokalori (kkal)-4.500 kkal per hari, maka pemain sepak bola membutuhkan kalori sebanyak 4.000 kkal-4.500 kkal per hari. “Jika posturnya besar, maka kebutuhan kalorinya mencapai 6.000 kkal per hari,” jelas Mulyadi kepada tim Omepros, Mei 2018.

 

Perhatikan Komposisi Karbohidrat, Protein, dan Lemak

Dari jumlah tersebut, jenis nutrisi yang dibutuhkan terdiri dari karbohidrat sebanyak 60%-70%, protein 15%-18%, dan lemak sebanyak 12%-25%. Di samping itu, pemain sepak bola juga membutuhkan vitamin dan air mineral yang cukup.

 

Untuk kebutuhan karbohidrat, sebetulnya bisa diperoleh dari nasi. Namun, Mulyadi menerangkan, bagi pemain sepak bola yang membutuhkan karbohidrat yang mudah disantap di sela-sela latihan, maka roti cokelat bisa menjadi pilihan yang praktis. Karena, roti mengandung karbohidrat, disertai cokelat yang mengandung kalori tinggi. Glukosa pada cokelat kemudian akan diubah menjadi bahan bakar yang sangat berguna bagi pemain sepak bola.

 

Sementara untuk kebutuhan protein dan lemak, maka ikan merupakan pilihan terbaik. “Jika semua protein ini dibandingkan, yakni daging sapi, daging kambing, ayam, bebek, dan ikan, maka ikan yang paling bagus, baik ikan darat maupun ikan laut. Bawal dan salmon sama baik, tidak banyak berbeda. Lemak juga bisa diperoleh dari ikan,” terang Mulyadi.

 

Pentingnya PUFAALA, EPA, DHA Bagi Penggemar Sepak Bola

Untuk tambahan lemak, Mulyadi juga menyarankan pemain sepak bola untuk mencerna lemak yang gampang dicerna. Saat ini, asupan lemak yang gampang dicerna juga bisa diperoleh dari suplemen makanan sehat, termasuk Omepros. Omepros baik untuk pemain sepak bola karena mengandung asam lemak tak jenuh ganda atau polyunsaturated fatty acid (PUFA) yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dan menurunkan trigliserida. PUFA merupakan asam lemak yang sangat dibutuhkan dan bermanfaat oleh tubuh, namun tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Karenanya, kita harus memenuhinya dengan mengonsumsi dari luar tubuh. PUFA terdiri dari Omega 3, Omega 6, dan Omega 9, kandungan yang terdapat dalam Omepros.

 

Selain itu, Omepros juga mengandung αlipoic acid (ALA), eicosapentaenoic acid (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA). “Bagi pemain sepak bola, ALA, EPA, dan DHA ini bermanfaat selain untuk kesehatan pembuluh darah, juga untuk persendian dan membantu metabolisme tubuh,” kata Mulyadi. Hal ini sangat berguna mengingat pemain sepak bola banyak berlari dan menggunakan persendiannya.

 

Konsumsi Buah dan Air Mineral yang Cukup

Selain memperhatikan asupan karbohidrat, protein, dan lemak, penting pula untuk penggemar sepak bola untuk mengonsumsi buah-buahan. Mulyadi mengatakan, kebutuhan pemain sepak bola tidak dapat dipenuhi oleh 1 macam buah, melainkan 4-5 macam buah per hari. Mengingat pemain sepak bola perlu mengonsumsi makanan dengan cepat, maka mengonsumsi buah yang diblender lebih bagus dibandingkan dengan buah yang dijus.

 

Ini disebabkan, buah yang dijus lebih banyak memberikan asupan air, berbeda dengan buah yang diblender yang mendatangkan serat. Serat juga merupakan kandungan makanan yang dibutuhkan oleh pemain sepak bola. Pemain sepak bola juga disarankan mengonsumsi buah dengan warna bervariasi. Beberapa buah bernutrisi tinggi yang disarankan oleh Mulyadi misalnya wortel, tomat, dan apel. Untungnya, sekarang vitamin dalam buah, terutama vitamin E, juga bisa diperoleh di suplemen makanan, termasuk Omepros.

 

Jangan lupa pula untuk minum air mineral secukupnya. Jika orang normal membutuhkan air 2.500 cc atau setara dengan 8 gelas air minum per hari, maka pemain sepak bola yang banyak mengeluarkan keringat memerlukan air mineral lebih banyak, yakni sekitar 3.000 cc per hari.

 

Bagi Anda pecinta sepak bola dan berencana berlatih kembali, maka Anda perlu memperhatikan asupan nutrisi yang dibutuhkan agar tubuh senantiasa prima. Untuk asupan nutrisi Anda, percayakan pada Omepros, suplemen sehat yang dapat menurunkan kolesterol dan asam lemak dalam tubuh. Omepros, balancing your life!

Continue Reading

OLIVE OIL CEGAH MASALAH KESEHATAN SAAT PUASA
Selengkapnya
CARA MENJAGA KESEHATAN SELAMA MUDIK
Selengkapnya
Bersepeda, Olahraga Sederhana dengan Segudang Manfaat Kesehatan
Layak jika bersepeda dinobatkan sebagai olahraga yang menyenangkan. Bukan hanya sederhana dilakukan, segudang manfaat seperti ini bisa kamu dapatkan dari bersepeda.
Selengkapnya
Bugar di Kantor, Karier Melejit
Tubuh yang sehat ternyata mempengaruhi produktivitas kamu. Tak perlu bercucuran keringat, berikut latihan sederhana di kantor.
Selengkapnya