Intip 5 Olahraga Seru untuk Dimainkan Bersama Teman Sekaligus Menyehatkan

Salah satu cara menjaga kesehatan dan kebugaran adalah membuat tubuh tetap aktif bergerak dengan melakukan olahraga. Tak selalu harus berat atau sendirian nge-gym, ada beberapa cabang olahraga yang seru untuk dimainkan secara berkelompok bersama teman-teman.

Olahraga beregu yang paling mudah dilakukan seperti basket, futsal, hoki es, badminton, dan voli. Selain menyenangkan, kelima olahraga ini mudah dilakukan dan tentu saja memiliki sejumlah manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Namun, setiap jenis olahraga tersebut memiliki fokus yang berbeda dalam setiap permainannya. Yuk, simak apa saja manfaat kelima olahraga tersebut untuk kesehatan.

1. Basket

Basket adalah olahraga berkelompok yang terdiri dari dua tim dengan masing-masing tim beranggotakan lima orang. Olahraga ini sangat cocok untuk membuat tubuh bergerak aktif karena menggunakan seluruh tubuh. Identik dengan gerakan melompat dan berlari, basket merupakan kardio yang dapat membakar kalori, membangun kekuatan tulang, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melatih kekuatan, mengembangkan kekuatan mental, melatih otot hingga keseimbangan.

2. Futsal

Futsal merupakan variasi dari olahraga sepakbola. Bedanya, futsal menggunakan lapangan yang lebih kecil serta ukuran bola yang kecil. Satu tim terdiri dari lima orang. Berbeda dengan sepakbola, futsal menggunakan lapangan dari bahan lantai dan terletak di dalam ruangan. Olahraga ini semakin digemari baik kaum pria maupun wanita karena tidak membutuhkan lapangan rumput sungguhan yang luas untuk bermain. Selain itu, futsal hanya membutuhkan lima orang dalam satu tim.

Seperti olahraga lain, futsal juga dapat memberikan sejumlah manfaat kesehatan lho. Selain dapat mengencangkan otot-otot, futsal juga dapat melancarkan peredaran darah karena jantung terpacu lebih cepat untuk memompa darah ke seluruh tubuh, serta meningkatkan hormon endorfin yang membuat rasa bahagia. Ya, hormon endorfin dikenal bermanfaat bagi kesehatan. Diproduksi oleh kelenjar pituari dan sistem saraf pusat manusia, hormon endorfin adalah pembunuh rasa sakit alami yang dihasilkan oleh otak. Hormon ini juga dapat menimbulkan rasa senang atau euforia. Maka meningkatnya jumlah hormon endorfin akan mengurangi efek buruk dari stres dan rasa sakit, melepaskan hormon seksual, menambah nafsu makan, dan meningkatkan respons kekebalan tubuh. Salah satu cara melepaskan hormon ini adalah dengan berolahraga. Semakin semangat dalam olahraga, semakin terpacu pula produksinya.

3. Hoki Es

Hoki es merupakan salah satu cabang olahraga yang dimainkan di lapangan es. Kerap disebut sebagai salah satu “the fastest game on earth” dikarenakan tempo permainan dan seluruh aksinya selama pertandingan.

Permainan hoki es terdiri dari 2 tim, setiap tim terdiri dari 11 orang. Kedua tim berusaha memasukkan puckke gawang untuk mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya. Setiap pemain dilengkapi dengan stick, helm, baju hoki, dan sepatu khusus hoki es. Memperebutkan puck, hoki es terdiri dari gerakan berlari, memukul,dan sedikit melompat. Gerakan-gerakan ini merupakan kombinasi yang bagus untuk melatih pernapasan, memacu jantung, menguatkan otot-otot tangan dan kaki, serta melatih keseimbangan.

4. Badminton

Olahraga badminton atau bulutangkis juga salah satu olahraga favorit banyak orang. Badminton menggunakan bantuan raket untuk memukul shuttlecock. Adanya gerakan memukul ini dapat melatih otot lengan atas, otot paha dalam dan luar, bokong, juga otot betis. Ini tentu saja dapat membuat kaki semakin kuat juga seksi.

Gerakan tangan saat bermain badminton juga bisa membantu merilekskan otot bahu dan leher lebih rileks. Perut buncit pun bisa kembali rata karena gerakan memukul, pergerakan kaki dan tubuh, akan memperkuat juga otot-otot perut sehingga lemak perut pun hilang.

5. Voli

Mungkin kamu sering lihat permainan voli di pantai? Ini bukan cuma untuk gaya-gayaan atau sekadar mengisi waktu luang di pantai saja, lho. Voli juga memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Voli lebih banyak menggunakan kekuatan di lengan dan kaki. Olahraga voli selama setengah jam saja sudah dapat membantu membakar lemak dan kalori hingga 130 kalori. Selain itu, main voli dapat membantu mengencangkan tubuh bagian atas, lengan, bahu serta otot-otot tubuh bagian bawah.

Ternyata, olahraga beregu seperti di atas tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan secara fisik tapi juga kesehatan mental. Anda dapat melatih kekompakan, percaya diri, kerjasama, melatih jiwa kompetisi serta membangun kemampuan untuk berkomunikasi dengan tim.

Olahraga beregu juga dapat membantu Anda lebih mudah bersosialisasi karena permainan dilakukan berkelompok. Tak hanya teman segrup, Anda juga bisa memiliki teman baru dari tim lawan. Bekerja sama dalam tim olahraga juga dapat membantu keterampilan untuk berkomunikasi bersama teman.

Lengkapi rutinitas olahraga ini dengan asupan bernutrisi untuk menjaga kesehatan Anda. Kemudian lengkapi dengan mengonsumsi suplemen yang dapat menjaga sistem imunitas tubuh serta dapat mencegah penimbunan lemak darah seperti Omepros. Mengandung omega 3, 6, 9, ditambah EPA, DHA dan vitamin E dari biji blackcurrantsafflower, minyak ikan salmon, juga zaitun. Omepros balancing your life!

Continue Reading

Begini Cara Kerja Omega 3, Omega 6, dan Omega 9 Turunkan Kolesterol
Sering mendengar pentingnya Omega 3, 6, dan 9 untuk tubuh? Begini cara ketiganya menurunkan kolesterol dalam tubuh untuk menjaga kesehatan.
Selengkapnya
Hobi Sepak Bola, Tubuh Perlu Asupan Nutrisi Ini
Selengkapnya
Yuk, Kenali Manfaat DHA dan EPA bagi Kesehatan Otak
Sering mendengar kata EPA dan DHA? Namun sudah tahukah bahwa keduanya adalah ragam omega 3 yang bermanfaat untuk kesehatan otak anak-anak dan dewasa.
Selengkapnya
Blackcurrant, Pasukan Elit Cegah Peradangan Tubuh
Di negara-negara Barat dan Eropa, blackcurrant masuk peringkat pertama superfruit. Zaman dahulu, masyarakat Eropa bahkan merebus jus blackcurrant dan gula sebagai obat sirup untuk mengatasi masalah tenggorokan dan menurunkan demam.
Selengkapnya