CARA MENJAGA KESEHATAN SELAMA MUDIK

Mudik atau pulang ke kampung halaman adalah tradisi yang selalu dilakukan umat Muslim di Indonesia setiap tahunnya untuk merayakan hari raya Idul Fitri.

Saat mudik Lebaran tiba, lumrah menempuh perjalanan panjang menuju kampung halaman terutama via jalan darat. Waktu perjalanan sendiri bisa mencapai belasan jam, tergantung tujuan pulang pemudik. Hal ini tentunya harus memerlukan persiapan matang, agar perjalanan Anda tetap nyaman dan menyenangkan.

Berdasarkan artikel yang dilansir dari merdeka.com, disebutkan volume kendaraan pemudik selama arus mudik Idul Fitri 1439 Hijriyah diperkirakan mencapai 12,4 juta unit. Kepala Sub Direktorat Angkutan Barang, Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Deni Kusdiana, menyatakan populasi kendaraan pemudik nantinya bakal didominasi pengguna kendaraan bermotor.

Pemudik sepeda motor lonjakannya mencapai 33 persen. Sedangkan peningkatan pemudik yang naik kendaraan roda empat sebesar 28 persen. Dengan peningkatan tersebut, pastinya kemungkinan kemacetan panjang bisa terjadi.

Bisa dibayangkan bukan suasana sepanjang perjalanan mudik? Oleh karenanya, ada beberapa hal penting yang harus Anda lakukan sebelum dan selama mudik, agar perjalanan berjalan lancar dan menyenangkan. Simak tipsnya di sini:

  1. Persiapan mudik

Saat mempersiapkan perjalanan mudik, ada beberapa hal yang tidak boleh Anda lupakan. Seperti packinguntuk seluruh kebutuhan anggota keluarga, mencakup pakaian, alat mandi hingga camilan untuk sepanjang perjalanan. Sebaiknya pisahkan tas berisi pakaian dan makanan agar memudahkan pencarian. Juga tumpuk tas berisi pakaian di paling bagian bawah bagasi, sedangkan tas berisi makanan di paling atas.

  1. Periksa kondisi kendaraan

Ini sangat penting. Karena kendaraan akan menjadi alat transportasi utama selama perjalanan. Cek kondisi kendaraan yang meliputi oli, karburator, air karburator, dan AC. Bawalah kendaraan ke bengkel langganan paling tidak dua hari sebelum perjalanan untuk memeriksakan keseluruhan kondisinya.

  1. Tentukan waktu perjalanan

Pilihlah waktu yang tepat kapan Anda akan memulai perjalanan mudik, mulai dari estimasi lamanya perjalanan dan estimasi tiba di kampung halaman. Umumnya, pemudik memilih waktu malam hari untuk menghindari kemacetan. Namun, sesuaikan waktu perjalanan dengan kondisi tubuh Anda, jangan memaksakan pada malam hari jika mengantuk atau kelelahan. Perjalananan pada siang hari umumnya akan lebih nyaman karena kondisi jalan yang masih terang dan rasa mengantuk umumnya sedikit dirasakan.

Selain itu, Anda juga harus menentukan rute perjalanan. Cari jalur yang paling minim kemacetan dan jangan lupa pakailah GPS sebagai penunjuk jalan. Sangat disarankan juga untuk mencari jalur alternatif sebagai rencana cadangan.

  1. Siapkan kondisi kesehatan

Banyak pemudik yang mengabaikan aspek kesehatan saat pulang ke kampung halaman. Mereka biasanya lebih fokus pads kesiapan kendaraan yang digunakan. Padahal sebelum mudik sebaiknya periksa kondisi kesehatan Anda. Selain itu, juga perlu diperhatikan bekal yang akan dibawa atau makanan yang Anda konsumsi di rest area haruslah yang sehat.

Untuk detilnya, berikut persiapan fisik tubuh saat akan mudik yang bisa dilakukan:

Persiapan sebelum mudik

  • Usahakan tidur nyenyak minimal 6 jam sebelum berangkat.
  • Jangan melakukan perjalanan dalam keadaan lapar
  • Jangan memakai baju yang ketat
  • Sehari sebelum mudik, usahakan mengkonsumsi makanan bergizi, perbanyak unsur Karbohidrat dan Protein yang merupakan sumber tenaga.
  • Siapkan bekal makanan yang tahan lama, minuman manis yang selalu hangat.
  • Tanggulangi terlebih dahulu penyakit ringan, bawalah obat-obatan seperlunya.

Saat Perjalanan Mudik

  • Jangan merokok, karena dapat menyebabkan kekurangan oksigen.
  • Hindari Alkohol untuk mencegah dehidrasi.
  • Perbanyak minum air putih.
  • Gerakkan tubuh Anda secara rutin sambil duduk, untuk menghindari kram dan juga menjaga peredaran darah tetap lancar.

Continue Reading

Bugar di Kantor, Karier Melejit
Tubuh yang sehat ternyata mempengaruhi produktivitas kamu. Tak perlu bercucuran keringat, berikut latihan sederhana di kantor.
Selengkapnya
Olah Salmon dengan Tepat, Dapatkan Kelezatan dan Manfaatnya
Salmon dikenal kaya akan protein, vitamin B, potasium, dan nutrisi lainnya. Cermat mengolah salmon dengan tepat, kamu bisa peroleh semua manfaatnya.
Selengkapnya
KOLESTEROL TINGGI PASCA LEBARAN? SIMAK 3 TIPS MENURUNKANNYA
Selengkapnya
RESEP ES LOLI BLACKCURRANT UNTUK BUKA PUASA
Selengkapnya