Bugar di Kantor, Karier Melejit

Bekerja memang kebutuhan. Selain untuk memenuhi kebutuhan hidup juga untuk meningkatkan rasa percaya diri dan wadah pengaktualisasian. Terlebih bila mendapat pekerjaan yang disukai. Sayangnya, pekerjaan juga dapat memengaruhi kesehatan.


The National Institute for Occupational Safety and Health (NIOSH) menyebutkan bahwa tuntutan pekerjaan yang terus menerus bisa memicu stres hingga depresi bagi karyawan. Ditambah ruang kerja yang terbatas dan tumpukan pekerjaan membuat Anda nyaris tak bisa bergerak dengan cukup. Gerak Anda pun menjadi terbatas diikuti dengan pola makan yang buruk. Tak ayal muncul masalah kesehatan lainnya seperti kenaikan berat badan yang berpotensi terjadinya penumpukan lemak darah. Ujung-ujungnya kembali pada meningkatnya risiko penyakit jantung dan pembuluh darah.

Salah satu jalan keluar dari lingkaran tersebut adalah olahraga. Tapi justru kesibukan kerja sering jadi alasan mangkir dari olahraga. Lalu bagaimana? Tak ada cara lain, Anda harus kreatif memanfaatkan ruang dan waktu kantor untuk bergerak.

Mulai dengan Peregangan

Seperti olahraga pada umumnya, sebaiknya Anda melakukan peregangan untuk menyiapkan otot-otot tubuh. Peregangan sederhana minimal bisa membakar 42 kalori dan sangat baik dilakukan ketika tubuh mulai terasa tegang. Gerakan sederhana peregangan yang bisa dipraktekkan:

  • Mulai dengan leher. Gerakkan kepala ke kanan mendekati pundak, tahan sepuluh detik. Ganti sisi.
  • Peregangan pundak. Putar pundak ke depan 10 kali. Lalu putar ke arah belakang sepuluh kali.
  • Pergelangan tangan. Luruskan kedua tangan ke depan, telapak tangan menghadap ke bawah. Salah satu tangan mendorong jari-jari ke bawah. Tahan tiga detik. Kemudian dorong jari-jari ke atas sehingga telapak tangan menghadap depan. Tahan tiga detik. Ulangi tiga kali. Lalu ganti tangan.
  • Peregangan tangan. Angkat kedua tangan ke arah atas. Temukan kedua telapak tangan hingga saling menggenggam, kemudian arahkan telapak tangan ke atas.
  • Kaki. Angkat salah satu kaki dari lantai. Luruskan. Regangkan pergelangan kaki hingga jari kaki menghadap ke atas. Kemudian gerakkan pergelangan kaki, hingga telapak kaki menghadap ke bawah. Ulangi 10 kali lalu ganti kaki. Kemudian putar pergelangan kaki seolah jari kaki menggambar lingkaran searah jarum jam. Lalu putar melawan arah jarum jam. Ganti kaki.

Saatnya Berlatih

Setelah melakukan peregangan, kini Anda siap berlatih. Meski latihan-latihan ini tidak membuat keringat Anda bercucuran, namun bila dilakukan selama 30 menit, bisa membakar hingga sekitar 183 kalori untuk orang dengan berat 70 kg.

Posisi Berdiri

Beberapa latihan bisa Anda coba tanpa harus meninggalkan meja kerja, antara lain:

  • Calf raises. Posisi berdiri dengan kedua kaki sedikit terbuka. Angkat tumit dari kaki (jinjit), tahan beberapa detik kemudian perlahan turunkan. Ulangi 10 kali.
  • Glute kicks. Posisi berdiri tegak, kemudian buat gerakan menendang ke arah bokong dengan tumit menggunakan salah satu kaki. Ulangi 10 kaki dan ganti kaki.
  • Chair squat. Pertama, berdiri tegak di depan kursi. Turunkan bokong seperti hendak duduk di kursi, namun tidak sampai menyentuh kursi. Tahan beberapa detik, lalu tegakkan kembali badan ke posisi semula.

Posisi Duduk

Tak perlu beranjak jauh dari kursi kerja, Anda bisa latihan beberapa gerakan ini:

  • Bicep curls. Manfaatkan botol air mineral ukuran 600 ml yang terisi penuh. Duduk tegak, tarik perut ke dalam. Luruskan tangan kanan ke bawah sambil memegang botol. Lalu tekuk tangan kanan ke arah bahu. Ulangi 15 kali kemudian ganti dengan tangan yang lain.
  • Knee pull-ins. Duduk tegak dengan kedua tangan lurus ke bawah bertumpu pada tepi kursi. Angkat kedua lutut mengarah ke perut. Tahan beberapa detik kemudian turunkan perlahan namun tidak sampai menyentuh lantai. Ulangi 15 kali.
  • Quick feet. Duduk tegak dengan kedua tangan lurus ke bawah bertumpu pada tepi kursi. Angkat kedua kaki secara bergantian menyerupai gerakan berlari di tempat. Lakukan perlahan dengan ritme yang terjaga, ulangi 15 kali.

Latihan Aerobik

Aktivitas sederhana ini bisa menjaga agar berat badan Anda tak sampai melambung. Plus, Anda bisa terlihat aktif serta profesional. Tertarik mencoba?

  • Pilih tangga untuk naik dan turun untuk berbagai kegiatan di kantor. Selain melatih kekuatan otot kaki, kegiatan ini juga menjadi latihan kardio ringan bagi jantung. Untuk tantangan lebih, Anda bisa lewati dua anak tangga sekaligus.
  • Saat berjalan ke ruang rapat atau menyambangi rekan kerja, berjalanlah dengan cepat tapi tidak perlu sampai berlari. Selain akan membuat Anda terlihat gesit dan bersemangat, detak jantung juga akan lebih cepat.
  • Lakukan gerakan push up dengan bertumpu pada dinding. Latihan ini bisa dilakukan saat menunggu di dekat mesin fotokopi maupun saat jeda.

Pastikan Anda minum air putih yang banyak. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Brenda Davy, Associate Professor of Human Nutrition, Foods and Exercise, Virginia Tech menyatakan bahwa orang yang minum dua gelas air putih 20 hingga 30 menit sebelum makan, mengalami penurunan berat badan lebih cepat dan lebih banyak, dibanding yang tidak minum air putih.

Studi lain yang dilakukan olehnya dan dipublikasikan pada Journal of the American Dietetic Association(2009) menemukan, orang yang minum air putih sebelum makan rata-rata mengonsumsi 75 kalori lebih sedikit. Memang seperti tidak banyak, namun jumlahkan berapa kali Anda makan dalam setahun. Anda bisa menurunkan berat badan sekitar 6,5 kg per tahun, lho.

Agar latihan yang sudah Anda lakukan dapat lebih efektif, imbangi dengan asupan nutrisi yang sehat. Bila perlu, bawa bekal sendiri ke kantor dan kurangi menyimpan camilan di meja kantor. Selain itu lengkapi juga dengan suplemen yang membantu Anda hidup sehat secara seimbang, seperti Omepros. Suplemen makanan ini membantu mengurangi risiko terjadinya penimbunan lemak darah. Kandungannya pun cukup lengkap, yaitu omega 3, 6, 9, ditambah EPA, DHA, dan vitamin E dari blackcurrant seed dan salmon oil. Membuat Anda lebih sehat dan produktif.

Omepros, balancing your life!

 

Continue Reading

Mengenal Blackcurrant, Buah Kecil yang Kaya Antioksidan
Selengkapnya
Wow! Segudang Manfaat untuk Tubuh Setelah Rutin Berolahraga
Semua tahu bahwa berolahraga bermanfaat untuk menjaga. Manfaat tersebut akan berlipat ganda untuk kesehatan jangka panjang ketika kamu berolahraga secara rutin. Intip berjuta manfaatnya di sini.
Selengkapnya
Nongkrong Sehat Bareng Teman dengan Menu Ini
Menemani waktu santai bersama teman, camilan tentu bisa semakin menyemarakkan suasana. Berikut camilan sehat dan mengenyangkan untuk nongkrong bersama teman.
Selengkapnya
Olahraga Sambil Bersosialisasi: Cara Seru Jaga Kebugaran
Selengkapnya